Rabu, 26 Januari 2011

HIDUP PENUH PERJUANGAN

Hidup penuh perjuangan! Kata-kata ini sebenarnya kata-kata biasa. Setiap orang dapat menulisnya, menyebutnya dan sebagainya. Sekilas ia cuma kata-kata biasa. Ia baru menjadi luar biasa ketika kita menerjemahkannya dengan cara mengkomparasikan itu dalam kehidupan sehari-hari, terlebih-lebih ketika menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup. Taruhlah contoh, ketika menghadapi kesulitan. Sebut saja ketika kita menghadapi keadaan yang tidak sesuai dengan apa yang kita cita-citakan atau kita harapkan.

Ini sebuah kisah. Aku sudah belajar dengan rajin, aku sudah mengerjakan segala tugas-tugas kuliahku dan menurutku sudah maksimal. Ehh ternyata sang dosen hanya memberiku nilai C. Anehnya lagi, semua teman mendapat nilai seperti itu. Jadi sepertinya sia-sialah upayaku untuk mendapatkan presstasi dengan ditandai skor A atau paling tidak B. Nah, apa yang harus saya pelajari dari ini semua?

Pertama, mungkin sang dosen lagi "kurang muut" atau males. Kan manusia biasa. Tapi, sekiranya kita telah belajar dengan baik, maka satu hal harus kita tanamkan, kita telah memiliki ilmu terlepas dari apa pun simbol yang kita dapatkan sebagai simbol prestasi -- yang saat itu kita diberi C--. Suatu hari kelak, ada orang lain yang menilai, bahwa kita meniliki pengnetahuan yang lebih.

Kemudian? Ternyata kita memerlukan sebuah komunikasi yang positip sebagai suatu trik yang sehat pula. Orang lain harus tau tentang ini prestasi kita dan kita layak mendapatkan simbol prestasi yang sesuai. Nah! Itu Perjuangan dalam kehidupan di kampus. Lebih lagi .... banyak contoh.
Intinya, jangan menyerah he heh eheh heh


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar